Cari Blog Ini

Selasa, 15 Maret 2011

SUSUR PANTAI

hari Senin 14 maret 2011 lalu, kami pergi untuk refreshing di Pantai Kuwaru di Srandakan, Bantul.
saat kami sedang asik main ombak dan bercanda, kami ketemu dengan beberapa anak-anak pecinta alam dari Klaten yang sedang ngadain kegiatan susur pantai.
di sini aku gag akan menceritakan tentang pengalaman kami ketemu ma anak-anak pecinta alam itu, tapi aku ingin memberikan penjelasan singkat tentang susur pantai.


Susur Pantai adalah salah satu kegiatan hikking yang tidak kalah menarik. Biasanya susur pantai dilakukan untuk meneliti seberapa parah abrasi yang terjadi di wilayah pantai, atau juga dilakukan untuk meneliti keadaan flora dan fauna yang terdapat di daerah pantai. Selain itu susur pantai juga dilakukan sebagai salah satu bentuk aplikasi long march / jalan jauh yang sudah dilakukan oleh komunitas Mapalhid.
Susur Pantai tidak kalah menantang dengan kegiatan out door lainnya seperti mountaineering. Yang membedakannya antara lain medannya; gunung / dataran tinggi, dan laut / pantai / dataran rendah; Tingkat kesulitan, sebenarnya sama-sama sulit akan tetapi dalam susur pantai lebih dibutuhkan kemampuan untuk berenang , selain itu dibutuhkan pengetahuan tentang kelautan seperti besar / kecilnya laju angin, arah angin, waktu (berkaitan dengan saat pasang naik dan pasang surut), dan P3K.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar